Cara mengatasi Corrup pada virtual box

2 comments
Virtual Box bisa juga di sebut perangkat lunak atau software virtualisasi. Khususnya virtualisasi sistem operasi atau operation system. Jadi kita bisa menginstall dan menjalankan suatu sistem operasi di dalam sistem operasi utama kita. Misalnya begini, laptop atau komputer kita sudah terinstall sistem operasi atau os Windows 10. Dan kita ingin mencoba atau ingin sekedar mengetahui sistem operasi yang lain. Contohnya Linux Debian.

Maka kita hanya ingin sekedar mengetahui saja bagaimana tampilannya. Maka dengan Virtual Box kita tidak perlu menghapus sistem operasi Windows 10 kita. Kita bisa mencoba Linux Debian tersebut di Virtual Box. Itulah fungsi manfaat dan kegunaan dari Virtual Box. Begitu sangat berharga dan pentingnya software Virtual Box ini. Tidak hanya sistem operasi Linux Debian saja yang bisa di jalankan dengan software  Virtual Box, sistem operasi lainnya pun bisa. Cara membuat atau menjalankan sistem operasi atau os di software Virtual Box adalah dengan Disc Image atau file iso bisa juga dengan kepingan DVD sistem operasinya.

Tapi beberapa saat yang lalu. Saya menginstall sistem operasi Windows 10, dan karena tugas dari sekolah maka disuruh menginstall Virtual Box untuk bahan pembelajaran. Tapi kata kakak kelas Windows 10 tidak komptibel dengan Virtual box. Tapi itu menurutnya, dan nyatanya Windows 10 saya bisa di install Virtual Box dan sukses menjalankan sistem operasi di dalamnya. Ternyata tidak semua versi Virtual Box kompatibel atau support di Windows 10 atau bisa di install di Windows 10. Virtual Box versi berapakah yang kompatibel support dan dapat di install di Windows 10?

Virtual Box yang support dan bisa di jalankan dan di install Windows 10 adalah Virtual Box versi 4.2.6. Tapi beberapa setelah menginstall Windows 10. Saya kedapatan tugas untuk menginstall Linux Debian di Virtual Box. Alangkah terkejutnya, pas kita akan membuat mesin bari New, Create New Machine. Dan sudah saya pilih Linux lalu Debian. Malah gagal tidak bisa membuat mesin baru. Seperti ini gambarnya, saya screenshoot.
Screenshoot saya ambil dari internet
Muncul jendela baru atau notif "Cannot create the machine folder..." Panik dan sebal karena mau ada tugas malah begini. Sudah saya install ulang Virtual Boxnya. Pindah direktori installan pun tetap sama saja. Akhirnya saya coba tanya cari-cari di internet. Akhirnya ketemu juga cara mengatasinya. Yaitu caranya begini, cukup memerlukan waktu 10 detik untuk mengatasi hal ini.

1. Buka software Virtual Boxnya.

2. Pilih tab File, lalu Prefences, akan otomatis di tab General. Tampilannya seperti ini.

3. Pada "Default Machine Folder" pilih "Reset"
Dan "VRDP Authentication Libary" Juga pilih "Reset"

4. Klik "OK"

Selamat kini Virtual Box anda kembali normal dan bisa di gunakan.
Itulah tips dan cara mengatasi Virtual Box yang error. Sekian dan terimakasih sudah membaca. Jika masih ada kekurang pahaman silahkan berkomentar. Jika sudah berhasil juga jangan lupa berkomentar untuk meninggalkan jejak. Jangan lupa kembali lagi dan pantengin blog ini ya.

2 komentar: